Sekitar 80% perusahaan gagal di tahun pertama. Seram? Ada yang lebih heboh lagi: Yang gagal masih jauh lebih banyak dibanding yang memulai. Gak ada statistiknya sih… Inget-inget deh, berapa persen dari orang-orang yang Anda kenal yang berminat memiliki usaha? 90%? Sedangkan di Indonesia, jumlah wirausahanya hanya 3,5%.

Kalau dibilang bahwa memulai itu selalu yang paling sulit sih, antara benar dan tidak benar. Tapi itu sudah pasti yang paling banyak membungihanguskan mimpi-mimpi orang. Sebetulnya kenapa sih, kan cuma mulai doang?

Kita makhluk hedon. Hari ini nongkrong di Starbucks, besok di Coffee Bean, lusa nonton bioskop (eh, belum buka ya? Sabar sabar….) Kebanyakan dari kita mencari kebahagiaan dari luar atau eksternal. Jika kita menerima sesuatu atau dilayani, baru merasa puas. Apalagi kalau soal status, sebagian berani berbuat segala cara untuk membentuk opini positif tentang dirinya. Apakah itu yang terjadi dengan Anda?

Penilaian gagal oleh orang lain dilihat sebagai momok menakutkan. Karena itu, orang-orang menghindari memulai sesuatu yang sulit. Tidak selalu soal kewirausahaan, hal yang paling sepele adalah saat menghadiri seminar dan memasuki sesi pertanyaan… Berapa banyak yang angkat tangan? Mereka bukannya gak punya pertanyaan, tapi gak berani bertanya karena takut dikira bodoh.

Bagi orang bijak, mereka paham bahwa kebahagiaan yang dari luar diri itu rapuh, gak selalu bisa diandalkan. Dan sumber kebahagiaan mereka berasal dari dalam. Dengan itu, mereka gak takut sama opini orang. Ini praktek yang susah sih, dan gak terlalu praktis. Sebagai gantinya…

Ini 2 tips yang sangat esensial yang bisa Anda ikuti sekarang juga:

  • Langkah bayi: Seperti di instruksi merakit perabot, jalannya pelan-pelan tapi pasti. Walau terlihat pelan, sebenarnya lebih efektif dibandingkan sistem kebut semalam. Metode ini sangat umum digunakan orang-orang berperforma tinggi loh. Contohnya ingin membuat konten, maka langkah bayinya adalah:
  1. Cari inspirasi topik sebanyak-banyaknya
  2. Kumpulkan dan pilah
  3. Tulis beberapa sekaligus
  4. Edit
  5. Masukkan gambar
  6. dst dst.

Hanya melakukan 1 langkah per hari juga oke. Lakukan seminimal mungkin yang membuat Anda dapat konsisten mengikuti jadwal.

  • Kaizen: Artinya terus memperbaiki sedikit demi sedikit tanpa putus di tengah jalan. Hasil karya pertama itu selalu jelek, dan itu berlaku bagi semua orang termasuk yang sudah ahli. Bagi yang ingin menelurkan masterpiece, ini wajib!

“Anda tak perlu menjadi hebat untuk memulai, tapi Anda harus memulai untuk menjadi hebat” – Zig Ziglar

Meski belum jadi apa-apa, semesta akan menolong Anda yang berani untuk memulai dan menyelesaikannya. Ayo, Ini baru langkah pertama loh…

Kalau Anda mau ‘dorongan’ instan untuk memulai proyek yang Anda tunda-tunda terus, kami memiliki Spirit Khodam dan Amulet yang bisa membantu Anda. Konsultasikan dulu agar kami mengetahui masalah Anda sebenarnya di mana. Konsultasi doang gratis kok.

.