Waktu Terbaik Untuk Memulai Usaha, Kapan? – Masa karantina adalah masa dengan banyak waktu luang. Sebagian waktunya dilewati dengan senang dan bahagia, sebagian lagi dengan penuh kekhawatiran terhadap kesehatan, pasangan, keuangan, atau mungkin masa depan. Seringkali kita menjadi ragu dan bertanya – tanya kapan ya waktu terbaik untuk memulai usaha? Apakah harus menunggu corona selesai?

Masa depan, atau lebih spesifik masa tua, sepertinya masih terlalu jauh. “Ditunda dikit gapapa deh…” Kebiasaan banyak orang yaitu menunda apa yang penting sampai gak bisa lagi ditunda. Mengapa mereka kekurangan motivasi untuk bertindak?

Manusia secara sadar-gak sadar selalu menghindari luka. Jika luka itu berhubungan dengan realita, maka mereka akan menghindari realita. Dan seterusnya. Kemudian membuat identitas baru yang membenarkan diri.

  1. Dimulai dari: “Gue harus meninjau gue segera.“
  2. Melupakan realita: “Tapi, bisnis masih bisa jalan ini kok, main-main dulu ah.” Padahal untung bersihnya setipis sabun batang yang dah mau habis.
  3. Membuat identitas: “Gue lagi gak termotivasi”

“Sukses adalah apa yang kita kerjakan berulangkali. Dengan demikian, kecemerlangan bukan tindakan, tetapi kebiasaan.” – Aristoteles

Awali dengan satu pengambilan keputusan atau komitmen. Simak satu contoh inspiratif ini:

Regret minimization framework atau kerangka meminimalkan penyesalan adalah cara berpikirnya Jeff Bezos, orang terkaya dunia versi Forbes dan pendiri Amazon. Dengan alasan itu, Jeff meninggalkan pekerjaan dengan gaji tinggi dan mulai dari nol mendirikan Amazon – kemudian rugi triliunan di 3 tahun pertama.

Satu keputusan kecil yang dikompromi, lama-lama akan berimbas pada hal-hal yang lebih besar: Ada target yang meleset, akan Anda maklumi dengan beragam alasan. Dan Anda telah melupakan motivasi awal kenapa target itu dipasang.

Solusinya adalah dengan menghadap ke realita secara tegas, kalau bisa… pelototin! Ingat keadaan Anda saat ini, alasan utama melakukan itu, dan ke mana tujuan akhirnya.

Mungkin di sini ada yang Anda tunda?

  • Investasi Spirit Khodam dan Amulet
  • Mengeluarkan potensi maksimal selagi muda
  • Menetapkan target menantang
  • Olahraga

Waktu terbaik untuk memulai adalah 5 tahun lalu, waktu terbaik setelahnya adalah sekarang. Hidup Anda masih panjang, maka bentuk kebiasaan yang berkelanjutan. Niscaya Anda akan menang dalam hidup – apapun definisi sukses bagi Anda.

Apa yang membuat Anda gak punya motivasi? Orang di sekitar Anda yang toxic? Kurang yakin dengan langkah yang harus diambil terkait masa depan?

Anda dapat berkonsultasi gratis dengan kami. Klik logo WA di bawah. Hanya untuk yang serius mau mengubah hidupnya menjadi lebih baik.