Semua orang itu selalu stres. Kapan saja, di mana saja. Yang membedakan orang yang masih waras dan tidak adalah tekanannya dan ketahanan diri.

Dan sekarang, sedang banyak yang stresnya sampai di luar kendali. Bayangin saja, sebelum pandemi sudah memiliki banyak tanggungan dan beban pekerjaan. Apalagi sekarang… Mungkin Anda juga?

Yang paling menonjol saat ini adalah tekanan pekerjaan yang bertambah, dan struktur yang berubah total. Korbannya adalah mereka yang pertama kalinya terpaksa WFH. Sebagian kecil lainnya yang bekerja di kantor harus ekstra hati – hati terhadap resiko kesehatan. Semua orang menjadi korban.

Lebih detilnya, inilah penyebab kenapa tekanan pekerjaan sekarang lebih parah dibanding biasanya:

  • Munculnya kepanikan akan sesuatu yang gak dikenal: Pandemi ini pengalaman baru bagi kita. Gak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi, sampai kapan akan berlangsung, dan apa yang akan terjadi setelahnya. Ini saja sudah membuat orang was – was.
  • Makin sulit fokus pada pekerjaaan: Gak ada yang siap dengan perubahan medadak seperti ini. Cara bekerja yang berubah, cara berinteraksi yang terganggu, dan tanggung jawab pekerjaan yang tidak jelas.
  • Kecemasan terhadap diri sendiri dan orang-orang yang dicintai: Ini adalah keprihatinan terbesar semua orang. Reaksi kita untuk melindungi pada akhirnya mengalihkan perhatian dari pekerjaan.
  • Anda gak menyadarinya: Meski Anda gak secara langsung memikirkannya, diam – diam stres sedang berkumpul di belakang pikiran. Jika bukan hari ini, pekerjaan Anda harus diselasaikan besok. Akhirnya pekerjaan makin menumpuk sementara fokus dan motivasi jatuh.

Situasi ini lebih berbahaya bagi yang WFH. Perubahaan lingkungan, gangguan yang gak diharapkan, dan suasana tidak mengenakkan akan mengganggu produktivitas.

Inilah empat cara alami untuk meminimalkan stres sebisa mungkin dan tetap mampu hidup secara aman, nyaman, dan produktif… Apapun yang terjadi di luar sana. Siapa tahu, Anda juga naik jabatan…

  1. Prioritas positif: Kita sudah berbulan-bulan bekerja dengan cara baru. Banyak pekerjaan yang tak bisa diselesaikan dengan efisien sehingga menumpuk. Agar tetap waras dan memiliki prioritas yang jelas, tipsnya adalah utamakan hal-hal yang positif dan hindari berita negatif yang sama sekali gak bermanfaat buat Anda.
  2. Instruksi jelas: Kerja di kantor pun mungkin Anda masih sering bingung dengan pekerjaan Anda yang sebenarnya. Walau sekarang Anda lebih bingung lagi, sebenarnya ini adalah kesempatan paling ideal untuk meminta nota tertulis dari atasan untuk mendapatkan instruksi pekerjaan yang jelas.
  3. Tantang diri sendiri tapi jangan berlebihan: Kalau Anda mau 10 langkah lebih maju pasca-pandemi, Anda hanya perlu melangkah sekali saat ini. Gak ada momentum yang lebih baik selain saat ini. Terus kembangkan diri sesuai kemampuan. Tapi berhenti ketika mulai stres karena Anda akan kesulitan memulihkan diri. Lakukan secara seimbang.
  4. Nutrisi dan tidur yang seimbang: Anda sangat membutuhkan tubuh yang sehat saat ini. Fisik memengaruhi mental. Nutrisi dan tidur berpengaruh lebih dari yang Anda kira terhadap pikiran.

Artikel ini terkesan menakutkan? Tenang saja, dengan sedikit perbaikan, Anda akan memulihkan produktivitas, perhatian, dan motivasi. Setelah Anda melakukan 4 hal di atas, Anda bisa menikmati pekerjaan dan rumah sekaligus – bukan jadi stres karenanya.

Jika Anda ternyata sudah mencoba cara di atas dan gak berhasil, mungkin masalah Anda bukan seperti yang Anda kira, atau Anda membutuhkan solusi yang berbeda. Anda boleh mendapatkan diagnosa spiritual gratis dari kami agar Anda bisa hidup secara optimal secepat mungkin. Klik logo WA di bawah ini. Privasi dan dompet Anda dijamin aman. Konsultasi gak harus beli Spirit Khodam atau Amulet kok.