Kebanyakan orang hanya bisa memikirkan bisnis di dalam kepalanya tanpa membuat rencana bisnis apapun yang lebih matang. Mungkin Anda yang juga sering terpikirkan untuk memulai bisnis namun tak kunjung membuat rencana akan memiliki alasan yang sama, bingung harus memulai dari mana. Dalam membangun bisnis, selain membuat rencana bisnis yang matang, Anda juga harus bisa sabar dan konsisten dalam menjalaninya. Bila Anda sudah siap untuk memegang prinsip tersebut, maka Anda bisa mengikuti panduan untuk membuat rencana bisnis seperti di bawah ini.

 

1. Buat Profil Bisnis

Dalam langkah awal ini, Anda bisa mulai dengan memastikan tujuan dari bisnis yang ingin Anda bangun. Tulislah visi, misi, dan tujuan yang ingin dicapai dengan bisnis tersebut. Misalnya saja Anda ingin membuka bisnis pembuatan baju anak dan dewasa. Maka Anda bisa membuat visi yang intinya ingin menjadi pelopor pembuatan baju dengan bahan baru yang tetap nyaman digunakan. Untuk misi, Anda bisa menuliskan rencana tindakan-tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai visi. Adapun tujuan bisnis sendiri yaitu segala hal yang ingin dicapai baik untuk pihak internal (perusahaan) maupun pihak eksternal (lingkungan dan masyarakat).

 

2. Merencanakan Pemasaran

Dalam berbisnis, Anda juga harus bisa menentukan target pasar seperti kalangan masyarakat mana yang akan dituju serta di mana tempat yang tepat untuk melakukan pemasaran. Kemudian Anda juga harus menentukan cara untuk meningkatkan penjualan dengan promosi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial.

 

3. Mempertimbangkan Persaingan

Setelah menentukan metode pemasaran, Anda juga harus memikirkan tentang adanya persaingan seperti apa yang akan Anda hadapi. Lakukanlah penelitian untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan begitu Anda juga bisa memikirkan keunggulan apa yang bisa Anda tawarkan sehingga produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa bersaing.

 

4. Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Dalam memulai bisnis berskala kecil mungkin Anda masih bisa menanganinya sendiri. Namun jika sudah termasuk skala menengah, tentunya Anda harus mulai berpikir untuk mempekerjakan karyawan dengan kriteria tertentu agar bisa membuat bisnis Anda semakin besar.

 

5. Bekerja Sama dengan Vendor

Hampir setiap bisnis memerlukan vendor yang bisa mendukung bahan baku maupun peralatan dalam kegiatannya. Untuk itu, Anda bisa memulai untuk menjalin hubungan antar pelaku bisnis untuk memudahkan dalam mendapat bahan baku maupun mendapat harga khusus yang bisa menguntungkan bagi pendapatan bisnis Anda sendiri.

 

6. Sistem Kerja

Akan sia-sia jika Anda hanya fokus pada persiapan dan tujuan namun mengabaikan hal ini. Di sini Anda harus bisa menentukan bagaimana bisnis beroperasi dengan baik dan lancar. Anda bisa membuat sebuah standar operasional sendiri sebagai acuan bahwa cara kerja yang dilakukan sudah efektif dan efisien.

 

7. Keuangan dalam Bisnis

Hal ini yang sangat menentukan jalannya bisnis, modal. Rasanya tidak mungkin jika Anda ingin membuat rencana bisnis tanpa mengeluarkan modal sepeser pun. Oleh karena itu, untuk memulai bisnis, Anda juga harus memperhitungkan sejak awal mengenai jumlah uang yang akan digunakan sebagai modal serta target keuntungan yang ingin dicapai.

 

8. Kebutuhan Sumber Daya Spirit

Sama seperti Sumber daya manusia, Anda juga membutuhkan sumber daya Spirit Khodam atau Amulet. Mereka sama seperti karyawan yang dapat membuat bisnis Anda menjadi besar. Bedanya adalah mereka tidak terlihat dan tidak perlu diberikan gaji setiap bulan (Hanya sekali di awal saat pemesanan untuk seumur hidup). Karyawan Spirit aman tidak akan menyulitkan kematian. Selain itu, mereka tidak akan berdemo meminta naik gaji seperti karyawan manusia. Sama halnya dengan karyawan manusia, semakin besar bisnis Anda tentunya Anda memerlukan karyawan kriteria tertentu. Anda dapat memiliki Spirit dan Amulet dengan fungsi spesial untuk bisnis Anda yang tentunya akan membuat bisnis Anda semakin besar. Misalnya Dewa Jepang Mi, Dewa Jepang Gi dan Dark God. Meskipun nama Amuletnya adalah dewa, Anda tidak perlu menyembah mereka atau memperlakukan mereka dengan khusus karena mereka adalah karyawan Anda. Sangat tidak masuk akal bukan seorang bos (Anda) menyembah karyawannya (Spirit Khodam dan Amulet) ?

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai karyawan yang tak terlihat dan fungsinya yang ajaib? Anda hanya perlu mengklik tombol whatsapp dibawah untuk berkonsultasi kepada kami secara GRATIS.