Kita pernah ngebahas tentang tawakal di artikel sebelumnya. Nah di artikel kali ini kami mau ngasih sedikit tambahan tentang tentang ikhtiar.

Orang itu suka aneh. Banyak banget yang bertanya-tanya: “Rezeki gue kok gini-gini aja ya? Padahal gue dah berserah dan ikhlas.” Pertanyaan kami: “Katanya berserah dan ikhlas, kok malah komplain?” hahaha…

Bukan mencurigai tingkat keikhlasan Anda sih, maksud dari artikel ini. Namun pertentangan itu menunjukkan adanya masalah yang perlu segera diselesaikan. Punya keinginan itu manusiawi, kesalahannya adalah mereka ikhlas pada hal yang salah.

Begini, kenapa Anda belum mendapatkan apa yang Anda inginkan? Karena Anda masih kurang ikhlas? Gak yakin cara kerjanya seperti itu sih… ikhlas gak ikhlas, yang Anda dapatkan adalah yang Anda dapatkan. Yang lebih penting adalah: Apakah Anda sudah cukup berikhtiar?

Mari teliti lebih dalam… Kenapa harus ikhtiar? Selain karena itu adalah jawaban yang sangat logis, ikhtiar juga menentukan kapasitas berkah yang bisa Anda terima dari Tuhan…

Sebenarnya Tuhan takkan memberikan air lebih banyak dari yang mampu Anda tampung. Takkan memberikan ujian lebih berat dari yang sanggup Anda pikul. Takkan memberi rezeki lebih dari yang mampu Anda jaga dengan baik.

Bagaimana cara untuk memperbesar kapasitas? Anda harus memperbanyak berikhtiar. Itu juga menunjukkan bukti keseriusan Anda atas apa yang benar-benar Anda inginkan. Kalau Anda serius, Anda akan berusaha. Analoginya seperti jodoh, lah…

Ikhtiar itu untuk yang bisa Anda kendalikan. Ikhlas itu untuk yang gak bisa Anda kendalikan. Contohnya, Anda mau ketemu klien atau tidak itu terserah Anda. Tapi apakah klien menerima proposal Anda atau tidak, itu bukan keputusan Anda. Artinya berikhtiar dan berdoa semaksimal mungkin, kemudian menyerahkan apapun hasil yang Anda dapatkan kepada Yang Maha Memberi. Apapun yang Anda terima, ya terima saja.

Yang penting Anda sudah berusaha, hindari terkecoh oleh hasil. Karena walaupun Anda adalah masternya sales, tetap saja keputusan dibuat oleh orang lain. Tapi Anda bisa terus meningkatkan skill sales dan memperbesar kemungkinan penjualan (nah, kalau ini ikhtiar juga.)

Kalau Anda mengaku sudah bekerja keras dan belum berhasil, ada kemungkinan besar Anda masih belum mengeluarkan potensi maksimal Anda. Atau kegiatan Anda yang gak tepat. Untuk mengetahui jawabannya, umumnya membutuhkan waktu lama dan penderitaan yang sebenarnya bisa dihindari.

Memiliki Spirit Khodam dan Amulet juga termasuk salah satu wujud dari ikhtiar lho. Mereka bisa membantu Anda menjaga takdir baik dan membuat Anda lebih mampu bersaing dengan saingan Anda.