Menghadapi Gosip di Lingkungan Kerja – Pernahkah Anda membicarakan orang lain? Misalnya jika Anda mendengar bahwa seseorang memiliki banyak hutang di mana-mana, bukannya bertanya perihal kebenaran pada orang yang bersangkutan, Anda justru membicarakannya dengan orang lain yang semakin membuat kabar yang belum pasti kebenarannya itu semakin tersebar (gosip). Saat itu Anda mungkin tidak tahu bagaimana perasaan seseorang yang menjadi bahan perbincangan Anda, namun bagaimana jika situasinya dibalik, Anda yang dibicarakan oleh orang lain?

Menghadapi gosip di lingkungan kerja tentunya sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika gosip tersebut tidak benar. Saat Anda mulai merasa tertekan, tentunya kinerja dan motivasi kerja Anda juga akan ikut terganggu dan menurun. Meski selalu mengatakan pada diri sendiri untuk menguatkan mental, tetap saja situasi tersebut tidak bisa membuat Anda nyaman yang akhirnya sulit untuk tetap bersikap optimis dan berpikir positif. Jika berontak atau menegur secara langsung terlalu sulit, maka cobalah untuk melakukan langkah-langkah di bawah ini.

 

1. Tetap Tenang

tenang dalam menghadapi gosip

Meski terdengar klise, sikap ini adalah pilihan terbaik bagi Anda. Tentu Anda merasa marah dan kesal saat mendengar bisikan-bisikan buruk dari orang lain tentang Anda, tapi meluapkannya dengan ucapan atau tindakan yang salah saat emosi justru hanya akan membuat keadaan semakin buruk.

 

2. Bercerita pada Orang Kepercayaan

Memang kenyataannya tidak ada orang yang benar – benar bisa dipercaya, namun tidak ada salahnya bercerita mengenai situasi sebenarnya pada rekan kerja yang paling dekat atau akrab dengan Anda. Hal ini dilakukan untuk sedikit meredakan hebohnya gosip yang beredar karena setidaknya ada orang-orang yang mengetahui tentang kebenaran ceritanya.

 

3. Mencari Tahu Si Penyebar Gosip

Di sela-sela kesibukan, Anda bisa menjadi mata – mata untuk mencari tahu siapa yang menjadi sumber gosip. Pasang telinga, mata, dan pikiran dengan tajam untuk mengetahuinya. Saat sudah memiliki bukti yang cukup dalam menemukan orang tersebut, cobalah ajak orang itu berbicara empat mata secara baik – baik perihal alasan ia menyebarkan gosip yang tidak baik dan tidak benar tentang Anda. Jika orang itu tidak terlalu akrab dengan Anda selama ini, mungkin itulah saatnya bagi Anda untuk mengajaknya lebih akrab meski secara tidak langsung. Konfirmasi gosip yang ada dengan menceritakan situasi sebenarnya. Baik secara panjang lebar ataupun poin penting adalah pilihan Anda, tapi pastikan bahwa konfirmasi yang Anda lakukan tidak akan menimbulkan gosip baru yang lebih buruk lagi. Batasi sesuai privasi Anda sendiri.

 

4. Berlapang Dada untuk Memaafkan

Langkah selanjutnya, kita harus bisa memaafkan seseorang yang telah berbuat salah pada kita karena hanya dengan memaafkan, kita bisa merasakan ketenangan dan kedamaian tersendiri di dalam hati. Meski harus bisa memaafkan, tapi Anda tidak diharuskan untuk melupakan. Seperti kata pepatah, sebuah luka yang semakin ingin dilupakan justru hanya akan semakin diingat. Jadi jika Anda tidak bisa melupakan kesalahan seseorang, maka biarkan saja. Seiring berjalannya waktu, hal itu hanya menjadi ingatan masa lalu yang bahkan akan terasa seperti mimpi. Hal yang perlu Anda lakukan setelah memaafkan hanyalah bersikap seperti biasa. Anggaplah gosip yang ada seperti tulisan di atas pasir pantai yang akan segera menghilang oleh angin dan ombak laut.

Saat Anda menghadapi gosip, jangan langsung merasa tertekan. Kuatkan mental, tetap tenang, dan buktikan pada semua orang kebenarannya. Ingatlah bahwa Anda tidak mudah hancur hanya dengan omongan kejam yang berasal dari mulut orang-orang yang mencari pembahasan menarik dalam hidup orang lain sebagai topik pembicaraan.

Dalam situasi ini, spirit yang Anda miliki bisa sangat bermanfaat. Spirit dapat membuat Anda lebih percaya diri dan tetap tenang, serta lebih berani untuk mengambil tindakan tegas terhadap masalah yang ada. Di sini Anda bisa memilih sendiri jenis spirit yang diinginkan, namun jika Anda masih awam dan merasa bingung, Anda bisa memberikan kami informasi mengenai apa yang Anda butuhkan, maka kami akan memilihkan spirit terbaik yang sesuai. Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena produk kami tidak memerlukan ritual khusus, pemberian sesajen, ataupun pantangan.

 

5. Putuskan Dengan Amulet Dewa Jepang Mi

Anda juga dapat memutuskan jalur buruk yang Anda alami dengan Amulet Dewa Jepang Mi. Dewa Jepang Mi dapat menghilangkan jalur buruk seperti gosip di kantor yang membuat Anda tertekan dan kehilangan motivasi di kantor.