Bisnis Anda Terserang Krisis Ekonomi? Lakukan Ini – Menjadi seorang pebisnis memang terlihat mudah. Orang lain memandang mereka sebagai bos, mengira memiliki penghasilan besar untuk diri sendiri, jam kerja sesuai keinginan, tukang perintah, dan lain-lain. Padahal sebenarnya menjadi pebisnis adalah hal yang sangat sulit dan berat, terutama jika bisnis yang dijalankan melibatkan adanya karyawan. Meski tidak terlihat, namun bisa dikatakan mereka bekerja selama 24 jam. Tentunya dengan cara kerja yang berbeda. Selain memikirkan dan mengusahakan bagaimana caranya agar bisnis bisa terus berjalan, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk menggaji para staffnya.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis saat ini, tentu Anda tahu betul bagaimana rasanya beban yang harus dipikul seorang pemimpin. Selain harus selalu memikirkan dan mengusahakan bagaimana caranya agar bisnis bisa terus berjalan, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk menggaji para pekerja / karyawan. Rasanya juga akan semakin berat saat perekonomian sedang mengalami krisis, di mana biaya produksi bisa meningkat tajam karena nilai mata uang yang melemah sehingga tingkat penjualan pun berkurang karena harga jual yang mahal seperti pada masa – masa COVID-19 saat ini. Banyak perusahaan yang akhirnya harus melakukan PHK besar-besaran pada para karyawannya karena tidak mampu menggaji, bahkan banyak juga perusahan yang terpaksa gulung tikar. Meski demikian, Anda yang masih bertahan tidak perlu latah untuk ikut menyerah. Masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi krisis ekonomi di tengah pandemi seperti yang akan dibahas berikut ini.

 

1. Tingkatkan Daya Kreativitas

kreatif dalam menghadapi krisis ekonomi

Anda bisa melakukan rapat dengan tim atau karyawan untuk bertukar ide dan pendapat. Saling berbagi ide dan pendapat seperti ini sangat efektif bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan kreativitas dan terinspirasi dalam pengembangan bisnis. Meski harus menjalankan anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, namun saat ini teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa mengadakan rapat melalui panggilan video yang bisa memuat banyak orang sekaligus. Anda juga bisa menambah Spirit Khodam atau Amulet untuk meningkatkan daya kreativitas Anda.

 

2. Menekan Angka pada Anggaran Biaya

menekan biaya saat menghadapi krisis ekonomi

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa menghemat biaya yang biasa dikeluarkan. Susun ulang rancangan biaya berdasarkan penentuan prioritas. Jika biasanya dalam anggaran biaya untuk kebutuhan produksi maupun distribusi ada hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan namun tetap diadakan untuk persediaan semata, maka sebisa mungkin di saat krisis ekonomi seperti saat ini, hilangkan biaya tersebut. Cara ini dilakukan sebagai upaya agar pengeluaran dan pendapatan perusahaan tetap stabil.

 

3. Optimalkan Kinerja Tim

PHK umumnya dilakukan karena perusahaan tidak mampu menggaji karyawan. Di samping itu, sebenarnya tindakan ini dilakukan sebagai optimalisasi pekerja karena kenyataannya banyak pekerja yang memakan gaji buta dimana pendapatan yang diberikan padanya tidak sesuai dengan kinerjanya pada perusahaan. Namun jika Anda sebagai pebisnis yakin bahwa para karyawan yang Anda pekerjakan memiliki integritas tinggi, maka Anda bisa terus mencoba untuk membimbing mereka agar memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari keuntungan dengan meningkatkan tingkat penjualan.

Berilah motivasi setiap hari pada para karyawan agar mereka bisa memberikan kinerja maksimal dan produktif bagi bisnis Anda. Daripada bertindak sebagai atasan dan bawahan, sistem kerja kekeluargaan dimana adanya sikap saling mendukung dan menguatkan satu sama lain tentunya akan membuat beban yang dipikul menjadi lebih ringan. Jadi bukan hanya Anda sebagai pemilik bisnis yang memikirkan masa depan dan jalannya usaha, namun karyawan juga akan berempati untuk lebih produktif. Anda memiliki karyawan banyak? Kami juga mempunyai spirit khusus untuk Anda. Info bisa langsung hubungi kami.

 

4. Menjaga Pikiran Agar Tetap Optimis

Meski krisis ekonomi ini belum memiliki titik terang untuk berakhir karena angka kasus pandemi yang masih terus meningkat, namun Anda harus tetap optimis agar bisnis tersebut akan lebih terasa mudah untuk dijalankan.

 

5. Tetap Lakukan Kebaikan dengan Beri Pertolongan

Ingatlah bahwa hukum alam selalu berlaku. Jika Anda melakukan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan berbalik pada diri Anda sendiri. Mulailah menyisihkan hasil keuntungan bisnis Anda untuk menolong mereka yang kurang mampu. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, banyak dari mereka yang sangat membutuhkan uang atau bahan makanan untuk kehidupan sehari-hari.

Selain cara – cara yang sudah disebutkan di atas, Anda akan lebih bisa menghadapi krisis ini dengan dibantu oleh Spirit Khodam ataupun Amulet. Diiringi oleh kerja keras Anda dalam mempertahankan jalannya usaha, spirit yang Anda miliki akan membantu membuka jalan rezeki. Jadi selain usaha yang bisa tetap berdiri di tengah-tengah kondisi di mana banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar, arus pendapatan Anda juga akan berjalan lancar atau bahkan lebih baik lagi.