Apa arti New normal sudah berjalan lebih dari sebulan di Indonesia? Banyak bisnis yang mendapat sedikit oksigen untuk bernapas walau masih tersengal-sengal, terutama di sektor tersier. Dan ini ternyata memiliki arti tersendiri bagi warga +62…

Selama lockdown yang lalu, bagaimana pola konsumsi Anda? Bukan hanya kalangan menengah dan bawah saja yang terdampak, yang tiap bulan sanggup beli mobil baru pun juga secara terpaksa mengubah cara pandang terhadap konsumsi.

Coba pikir deh, kenapa brand-brand mewah bisa gak laris? Padahal pembelinya kan sudah pasti mapan, yang tanpa pemasukan dalam 1 tahun pun masih bisa hidup sangat nyaman.

Ada beberapa alasan yang spesifik, tapi salah satu yang paling umum adalah bahwa hampir gak ada orang yang bisa dipamerin.

Apa arti new normal bagi Anda? Terus, seberapa besar pengaruhnya ke keuangan Anda? Dari segi pengeluaran, makin sehat kan? Mungkin Anda jadi sadar kalau prestise itu mahal banget, dan ada banyak hal-hal yang lebih penting untuk dipikirin. Kalau video conference hanya berbalut kemeja dan dasi, celananya celana futsal.

Dengan duit yang tersisa lebih banyak itu, Anda apakan? Simpan di bank, modal usaha baru, ambil Spirit Khodam dan Amulet baru atau dialihkan ke belanja yang lain?

Sebagaian dari Anda ada yang menggunakannya untuk perencanaan keuangan dan investasi masa depan. Yang dulunya beralasan gak punya modal, sekarang jadi punya. Tapi…

Ternyata lebih banyak lagi yang sampai sekarang masih mengaku kekurangan modal. Valid-kah alasan Anda? Hanya Anda yang tahu…

Terlepas dari itu, sebetulnya sekarang adalah saat yang paling tepat untuk mengotak-atik keuangan Anda karena masa depan terlalu sulit diprediksi, bahkan oleh para ekonom. Persiapan berlebihan lebih baik daripada kekurangan persiapan.

Jaga budget pengeluaran ya, minimal sampai badai berlalu. Hindari belanja ‘balas dendam’ yang bisa membuat Anda sengsara setelahnya. Beneran deh!

Lebih bagus lagi kalau Anda bisa menambah saluran pemasukan baru, walaupun kecil.

Untuk memulai, Anda dapat mengambil inspirasi praktis dari artikel-artikel di sini. Tulisan gak panjang, tapi berbobot dan setiap minggu update dengan artikel baru!