Pandemi telah berhasil menghapus banyak profesi pekerjaan dan digantikan oleh teknologi. Di Amerika, beberapa dokter bedah sudah dijalankan oleh mesin, loh.. Jadi apa yang harus dilakukan agar tetap sukses ditengah kondisi pandemi?

Tapi kami yakin pekerjaan Anda aman dan Anda bisa tetap sukses karena Anda adalah orang pintar yang suka baca artikel seperti ini!

Sekarang adalah eranya profesional, mereka yang memiliki skill khusus yang diminati banyak perusahaaan. Maksudnya, daripada mahal-mahal sewa kantor kenapa gak kontrak orang lain saja?

Mereka bisa mendapatkan pekerjaan di belahan dunia manapun. (Sebuah bentuk globalisasi yang sebenarnya). Maka itu persaingan pun gak bisa dianggap remeh.

Seorang profesional dituntut untuk terus mengembangkan skill-nya agar tetap sukses dan relevan dengan perkembangan jaman dan dibayar lebih tinggi. Kalau hanya untuk makan sehari-hari doang, suram deh!

Kalau Anda salah satunya yang memiliki mastery mindset (berkeinginan menjadi ahli), maka artikel ini pas buat Anda.

Satu-satunya latihan yang bisa membawa Anda ke tingkat skill tertinggi adalah deliberate practice. Selanjutnya akan disingkat jadi DP.

DP adalah gaya latihan yang memiliki tujuan spesifik dan sistematik.

Jika latihan biasa hanya melakukan serangkaian kegiatan hanya sebagai rutinitas yang harus dilewati saja, maka DP menekankan pada tujuan yang sangat jelas. Setiap kegiatan memiliki pengaruh yang dituju.

Mari ambil contoh pemain bola. Sebagai pemula, yang harus pertama kali dilakukan adalah latihan biasa yaitu sering-sering bermain.

Namun ketika sudah fasih, dia menggiring dan menendang bola secara otomatis tanpa perlu banyak berpikir seperti sebelumnya. Semakin sering dilakukan, semakin gak dipikirin.

Kebiasaan gak berpikir inilah yang dilawan oleh DP.

Bahaya dari rutinitas yang itu-itu saja adalah kita merasa berkembang, meskipun sebenarnya gitu-gitu saja. Yang terjadi sebenarnya adalah kita hanya memperkuat kebiasaan, bukan meningkatkannya.

 

Agar lebih jelas, ijinkan kami menjabarkannya di bawah ini:

Langkah-Langkah DP

DP memiliki pola yang seragam, apapun bidangnya entah coding atau mancing di laut. Apapun skill yang ingin Anda tingkatkan, ini langkah-langkahnya:

  1. Memecah seluruh proses menjadi beberapa bagian (chunking)
  2. Menemukan kelemahan
  3. Menguji strategi baru untuk tiap bagian yang lemah
  4. Menggabungkan semua strategi tersebut ke dalam satu sistem latihan

 

Contoh Nyata DP

Para pecatur grandmaster mampu mengenali 300 ribu pola catur – letak tiap bidak catur dalam satu waktu. Magnus Carlsen adalah salah seorang di antaranya.

Yang unik dari dirinya adalah latihan yang dilakukannya bermain catur dengan komputer, bukan manusia. Dengan cara itu dia bisa memainkan beberapa papan dalam waktu bersamaan dengan respon musuh yang cepat.

Bandingkan dengan lawan manusia yang satu lawan satu dan waktu berpikirnya yang lama.

Hasil yang dia dapatkan adalah memelajari pola catur dengan jauh lebih cepat. Selain itu dia juga mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan langkahnya lebih cepat lagi.

 

Kunci DP Yang Paling Penting

Adalah chunking dan feedback (umpan balik). Chunking maksudnya adalah memecah suatu skill menjadi beberapa bagian tersendiri, misalnya dalam berenang adalah kapasitas paru-paru, efisiensi oksigen, otot tangan, otot kaki, dan lainnya.

Feedback adalah penilaian dari performa latihan. Ada 2 pilihan:

  • Pengukuran: Berupa angka yang harus terus ditingkatkan seperti jumlah push up atau target penjualan
  • Coaching: Meminta bantuan orang yang berpengalaman untuk memonitor perkembangan Anda dan memberi masukan yang membangun

 

Ekspektasi Realistis Dari DP

DP bukanlah kegiatan yang nyaman, dan terkadang tidak menyenangkan. Hanya orang-orang yang mau terus belajar seumurnya hidupnya saja yang akan menguasai DP.

Namun jika Anda salah satunya, Anda mampu meningkatkan hampir semua aspek dalam hidup Anda dengan latihan yang terukur. Hanya dengan cara ini Anda bisa menjadi versi terbaik diri sendiri, tetap sukses diberbagai situasi dan mencapai potensi maksimal. Termasuk dibayar sampai ratusan juta!

 

Semoga artikel ini mengubah pendekatan Anda dalam membentuk diri menjadi yang terbaik di bidang Anda…

Namun tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi ahli? Tahunan. Beberapa skill bahkan sampai puluhan tahun. Tapi Anda gak gentar!

Untuk membantu Anda mengembangkan skill yang paling pas dan berpeluang membuat Anda kaya raya, kami sudah 10 tahun membantu banyak orang menjadi mapan dan bahagia dengan pekerjaannya dengan Spirit Khodam ataupun Amulet.

Jika Anda tertarik, kami sedang menggratiskan konsultasi kami sampai batas waktu yang belum ditentukan. Percepat jalan hidup Anda sekarang (bukan trial and error tahunan), dengan klik tombol WA di bawah sekarang juga. 100% gratis, privasi aman.