Industri pengembangan diri seperti seminar motivasi diperkirakan bernilai lebih dari 100 triliun Rupiah di tahun 2016 dan terus meningkat. Industri yang terbilang baru ini bisa berkembang secepat itu ditopang derasnya permintaan pasar. Bagian terbesar dari industri ini adalah motivasi.

Anda pasti familiar dengan seminar motivasi. Secara tujuan, audiensnya bisa dibagi 2 kategori:

  • Mendapatkan motivasi: Ini yang paling banyak. Mayoritas anak muda yang ingin sukses, tapi bingung mau ngapain. Biasanya ikut dari yang gratisan sampai di bawah 500 ribu per seminar.
  • Mendapatkan keunggulan: Kalau yang ini, mereka sudah tau mau ngapain. Mungkin sudah mendapatkannya alias sukses. Ini minoritas sih, tapi berani bayar lebih besar. Jadi mereka gak ikutan seminar yang murah-murah, tapi yang harganya bikin jantung berdebar-debar. Bukan motivasi yang dicari, tapi skill baru yang bisa dijadikan keunggulan kompetitif.

Kemungkinan (sangat) besar Anda pernah ikut seminar motivasi setidaknya 1 kali, entah yang mana tujuan Anda di atas.

Kalau Anda termasuk kategori 2, bagus! Kalau Anda masih di kategori 1, Anda harus waspada.

Di satu sisi, motivasi mengingatkan kita apa yang penting di hidup kita dan mengajarkan cara mencapainya (secara sangat abstrak). Di sisi lainnya, itu gak cukup buat mengubah hidup kebanyakan orang. Tapi cukup bikin Anda datang lagi dan lagi.

Contohnya dream board atau papan impian yang isinya semua keinginan seperti mobil, rumah, jalan-jalan, kesehatan, dll. Jadi Anda sudah tau maunya apa, tapi cara mendapatkannya? Anda gak punya strategi yang bisa diandalkan.

Mau berapa kali pun Anda datang, isi seminarnya ya itu-itu aja. Yang ada, Anda malah jadi candu motivasi.

Motivasi itu sendiri positif, tapi gak cukup. Langkah selanjutnya bukan melakukan hal yang sama berulang-ulang, tapi membuat peta jalannya. Salah satunya yang paling penting, secara keuangan. Sebut saja namanya money map.

Money map itu beda dengan rencana keuangan yang biasa dibuat oleh financial planner loh ya. Kalau rencana keuangan menyesuaikan gaya hidup Anda sesuai pemasukan saat ini, money map menentukan tingkat pemasukan yang harus dicapai agar mendapatkan gaya hidup yang Anda inginkan. Beda banget.

Simpelnya: Untuk membeli impian Anda, ternyata dibutuhkan investasi segini. Terus agar bisa investasi sebesar itu, Anda harus punya pemasukan minimal sebesar ini. Dari situ, Anda punya gambaran yang lebih jelas mengenai target jangka pendek dan menengah beserta deadline-nya.

Jadi bagi Anda yang masih berjalan menuju ‘tanah yang dijanjikan’, hindari seminar motivasi kalau tujuannya hanya untuk motivasi. 1 kali aja cukup kok.

Kalau ke depannya membutuhkan motivasi, tinggal melihat lagi catatan yang sudah Anda buat. Atau lebih bagus lagi, belajar menulis. Selain gratis, menulis bisa menjernihkan pikiran dan memaksa Anda berpikir logis.

Selama lebih dari 1 dekade kami telah membantu ribuan klien mendapatkan gaya hidup yang diimpikan dengan bantuan Spirit Khodam dan Amulet. Jika Anda sudah mencoba banyak hal dan belum puas dengan hasilnya, silakan konsultasikan dengan kami secara gratis. Klik logo WA di bawah ini untuk memulai sekarang.

.