Nokia merupakan salah satu produsen telepon pertama yang sangat berjaya pada masanya. Ia dulu sangat berjaya dan populer hingga belasan tahun. Tetapi semua berubah semenjak munculnya perusahaan teknologi baru yang menawarkan teknologi handphone yang lebih canggih dari ponselnya. Nokia gagal eksis dan terus tergerus oleh brand lain. Inilah salah satu alasan kenapa nokia gagal dan tidak bisa bersaing dengan brand lain.

 

1. Terlalu Puas

Yaa…. Namanya juga pemimpin pasar… Tentunya Nokia sangat puas bahkan terlalu puas sehingga nggak merencanakan masa depan untuk produknya. Dulu waktu Apple mulai mengeluarkan iPhone, nokia tetap pede dengan bentuk ponselnya dan nggak menganggapnya sebagai sesuatu yang mengancam. Kemudian muncul samsung yang terus bereksperimen dengan teknologi ponsel. Nokia gagal membaca situasi ini dan tidak merencanakan dengan baik untuk menyaingi mereka. Nah.. Kamu juga jangan seperti Nokia ya. Kamu tidak boleh terlalu puas dengan keadaan dan kondisi Kamu sekarang. Jangan puas dengan tagline “ah 2020 corona, susah. Bisa bertahan aja udah syukur”. Tau nggak saat kamu merasa puas dengan bertahan, banyak lho orang lain yang dapat pekerjaan baru, gajinya naik, jabatannya naik, dsb (cek aja testimoni kami).

 

2. Kurang Berkembang

Seperti poin diawal, samsung terus menerus bereksperimen dengan ponselnya sehingga banyak muncul ponsel samsung baru. Nokia terlihat gitu – gitu aja baik dari segi design maupun segi fitur. Hal ini membuat nokia ditinggalkan. Ia gagal menjadi ponsel yang future proof. Kamu juga, jangan lupa perbanyak ilmu bumi supaya gak ketinggalan jaman. Tambahkan dirimu dengan skill set baru yang berguna untuk masa depan. Nggak harus kuliah lagi kok. Banyak yang bisa dipelajari sendiri, online, kursus ataupun seminar.

 

3. Kalah Saing

Banyaknya ponsel keluaran samsung dengan fitur yang beragam ditambah ponsel merk lain yang terus menerus memperbarui tampilan dan fiturnya hal ini membuat nokia menjadi semakin kalah telak. Belajar dari hal ini, Kamu juga harus memperhatikan sainganmu. Jangan sampai sainganmu mempunyai skill beragam, Spirit dan Amulet yang lengkap sementara Kamu masih gitu – gitu aja. Skill dan ilmu yang Kamu miliki tidak ada penambahan, relasi dan teman yang kamu punya juga itu – itu aja dan Spirit Amulet yang Kamu miliki juga gak ada penambahan. Kalo kayak gitu, wajar sainganmu bisa melesat jauh terbang tinggi ke angkasa dan Kamu malah stagnan bahkan turun level šŸ™

Spirit dan Amulet adalah salah satu faktor penting dalam menghadapi persaingan. Dengan penambahan Spirit dan Amulet, maka nilai yang Kamu miliki untuk bersaing akan semakin bertambah. Spirit dan Amulet kami saling bekerjasama satu dengan lainnya. Jadi skill Amulet dan Spirit yang kalian miliki akan menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi dan mengisi untuk membantu Kamu dalam menjalani hidup.

Jadi, jangan seperti nokia yang terlena dan merasa aman. Selalu perbarui dirimu dengan skill, relasi baru, Spirit dan Amulet yang baru supaya nilai Kamu bertambah, tidak tersaingi dan tidak tergantikan. Kalo ada yang mau ditanyain, bisa chat aja ke WhatsApp langung dengan klik tombol WA di bawah sekarang juga. 100% gratis, privasi aman.