Belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap manusia tanpa batasan umur dan usia. Belajar bukan hanya sekadar dilakukan di sekolah ataupun lembaga formal saja, tetapi di luar itu kita tetap bisa belajar mengenai berbagai hal. Belajar bisa membuat kita lebih paham tentang sesuatu dan juga tentunya wawasan kita semakin bertambah. Namun untuk memahami pelajaran yang kita pelajari tidaklah mudah. Banyak faktor yang bisa menghambatnya. Baik itu faktor intern dari diri kita sendiri, maupun faktor ekstern dari lingkungan sekitar.

 

Misalnya nilai mata pelajaran sejarah di kelas A menunjukan angka yang beragam. Ada yang mampu melewati batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), namun ada juga yang tidak dapat melewatinya. Itu menunjukan bahwa daya serap siswa dalam memahami pelajaran sejarah tersebut berbeda. Bisa jadi karena faktor kegemaran terhadap mata pelajaran tersebut, metode belajar yang diterapkan, maupun suasana belajar yang dialami.

 

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa mudah untuk memahami pelajaran yang Anda pelajari, atau bahkan tidak sama sekali? Jika Anda merasa kesulitan dalam memahami pelajaran, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips yang kami sajikan berikut ini.

 

Suasana Belajar

Menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang akan memudahkan Anda dalam memahami pelajaran tersebut. Sebaliknya, suasana belajar yang kurang kondusif akan menggangu konsentrasimu sehingga Anda akan merasa kesulitan untuk memahami pelajaran tersebut.

 

Metode Belajar yang Cocok

Memilih metode belajar sangat penting dalam upaya untuk memahami pelajaran. Sebaiknya Anda memilih metode belajar yang cocok dengan gayamu karena setiap orang memiliki cara sendiri untuk bisa memahami pelajaran. Ada yang cocok dengan membaca (reading), ada yang cocok dengan mendengarkan (listening), bahkan ada juga yang lebih cocok dengan menonton (audio Visual). Anda bisa mencobanya dengan menerapkan tiga metode itu dalam satu meteri, kemudian Anda bandingkan mana yang sekiranya lebih mudah Anda pahami.

 

Mengerti Bukan Menghafal

Apabila selama ini Anda menganggap bahwa belajar hanya sebatas hafalan. Maka Anda harus membuang jauh-jauh anggapan itu karena pada dasarnya belajar adalah memahami bukan menghafal. Apabila Anda hanya sekadar menghafal, maka Anda akan kesulitan untuk menyerap ilmu dari materi yang Anda pelajari. Tetapi apabila Anda belajar untuk memahami, maka materi yang sedang Anda pelajari akan lebih mudah Anda serap.

 

Perkuat Pola Pikir dan Daya Ingat

Belajar adalah kegiatan yang membutuhkan pola pikir dan daya ingat yang baik. Semakin baik pola pikir dan daya ingat yang Anda miliki, maka akan semakin memudahkanmu dalam menyerap pelajaran tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memperkuat pola pikir dan daya ingatmu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Misalnya dengan rajin mencatat dan mengkonsumsi makanan sehat yang memperkuat daya pikir. Spirit Khodam dan Amulet juga dapat membantu Anda meningkatkan fokus Anda dalam mempelajari sesuatu. Ini akan memudahkan Anda untuk lebih cepat memahami pelajaran yang Anda pelajari.

Contoh kecilnya apabila Anda membutuhkan sedikitnya 10 kali membaca materi untuk benar-benar bisa memahaminya, dengan Spirit Khodam dan Amulet memungkinkan Anda hanya perlu membaca sebanyak 5 kali saja karena Anda lebih konsentrasi dan fokus.

Apabila ada cara cepat untuk memahami sesuatu, kenapa mesti bertahan dengan cara yang lambat? Maka dari itu, jangan sia-siakan waktumu karena masih sangat banyak ilmu yang bisa Anda dapatkan di luar sana. Untuk mewujudkannya, kami selalu siap membantu Anda dengan maksimal tanpa perlu ragu privasimu bocor kepada pihak lain.