Apa aplikasi pertama yang Anda buka setelah bangun tidur? Kalau membuka medsos (di luar kepentingan pekerjaan), bisa jadi Anda sudah kecanduan secara tidak sehat. Kami yakin semua orang sudah tahu kalau membuka medsos setelah bangun tidur itu gak rekomendasikan. Toh, tetap banyak yang gak bisa mengendalikan kebiasaan itu.

Banyak hal yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari kita seperti menikmati udara pagi hari, kamar yang harus dibersihkan, dan emosi Anda. Alih-alih, tersedot pada foto-foto cantik dari teman yang menunjukkan harta, liburan, atau lekuk tubuhnya yang aduhai. Secara alamiah, respon kita adalah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

“Iya, Saya tahu membandingkan diri Anda dengan orang lain itu gak bagus….” Tergantung sih, sebenarnya. Masalahnya, hampir semua membuat perbandingan hanya berdasarkan kulitnya saja. Apa yang dia punya, pasangan yang sempurna, bisnis yang terlihat baik-baik saja, dan lain sebagainya. Itu lebih banyak mambantu atau merugikan Anda?

Setiap orang memiliki fase hidupnya masing-masing. Hidup mereka itu takdir mereka, juga pilihan mereka. Anda juga punya pilihan. Jadi kalau Anda membiarkan hidup berjalan tanpa arah walaupun gak membanding-bandingkan dengan orang lain, ya itu tetap salah. Yang benar adalah Anda menjadi kapten untuk hidupnya sendiri karena Anda tahu apa yang penting bagi Anda, apa yang Anda punya saat ini, ke mana tujuan Anda.

Berlaku juga sebaliknya, jangan merendahkan orang yang berada di bawah kita. Seperti kita juga gak mau diremehkan. Kita gak tau apa cita-cita mereka, apa yang sedang mereka hadapi, apa yang dianggap penting bagi mereka. Yang fatal adalah menganggap apa yang kita mau, orang lain juga pasti mau. Perbandingan itu hanya ilusi.

Alternatifnya adalah membandingkan Anda dengan Anda sendiri di masa lalu, misal 1 tahun lalu. Lacak perkembangan Anda. Apakah sudah memuaskan? Apa yang masih perlu diperbaiki? Rayakan tiap keberhasilan kecil. Hukum tiap kegagalan, tapi jangan diratapi terlalu lama.

Jangan salahkan diri sendiri jika Anda belum berada di titik yang Anda inginkan. Justru Anda harusnya menghargai diri sendiri, karena itu akan mempercepat perkembangan Anda. Begini deh, kalau Anda memiliki pegawai yang selalu Anda marahi, apakah dia justru akan makin termotivasi atau justru memberontak dan merusak?

Sekali lagi, kuncinya Anda harus memegang kendali ke mana perahu Anda berlayar. Perlakukan diri sendiri seperti manusia.

Sudah pernah coba diet medsos? Kalau belum, coba deh menonaktifkan notifikasi medsos selama minimal seminggu. Jangan sampai ekstrem ya, seperti sama sekali lepas dari medsos selama setahun itu justru punya efek buruk lain.

Kalau Anda sedang merasa kehilangan arah, coba ceritakan pada kami. Dengan spesialisasi kami di bidang spiritual, Anda bisa mendapatkan masukan yang benar-benar tepat. Dan itu gratis. Caranya klik tombol WA di bawah untuk memulai sekarang.