Sudah berapa banyak dari teman-temanmu yang menikah duluan? Tenang, pernikahan bukan tentang siapa yang paling duluan tapi siapa yang bisa paling langgeng. Kalau Anda setuju, berarti Anda juga sudah tahu harus sematang apa rencana Anda sebelum menikah.

Pasangan Anda adalah satu-satunya orang yang akan terus bersama Anda hingga tua nanti. Artinya persiapan Anda ini harus menjadi urusan paling penting dalam hidup. Maka itu Kami menulis artikel ini agar Anda memiliki pernikahan terbaik.

Setelah berjalan lebih dari 10 tahun, Kami menemukan 4 hal ini dari klien-klien Kami yang membuat keluarga mereka tetap harmonis setelah puluhan tahun. Bandingkan dengan kenyataan saat ini ya!

1. Mengenal dan memahami pasangan: Menikahi pasangan Anda juga berarti berkomitmen untuk membahagiakan dia. Sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya, sejarah keluarganya, cara berpikirnya, bahkan sampai gaya parenting-nya nanti?

2. Realistis: Memiliki harapan yang terlalu berlebayan justru menandakan Anda belum siap menikah. Bersama-sama memiliki ekspektasi yang realistis membuat Anda mampu melewati apapun.

3. Menyatu: Sudah bukan saatnya lagi “aku ya aku” dan “kamu ya kamu”. Saling jaga perasaan seperti sering memuji dan mempertahankan komunikasi yang sehat itu akan memastikan pernikahan yang bahagia dan langgeng.

4. Mental yang sehat: Untuk mendapatkan hubungan yang sehat, siapkan mental Anda seperti menyelesaikan konflik dengan diri sendiri. Dengan begitu, hubungan dengan pasangan Anda akan memiliki pondasi yang kuat, matang dan langgeng.

Coba bandingkan 4 hal di atas dengan kenyataan saat ini. Jelajahi bagian yang menurut Anda masih kurang. Anda akan senang dan puas telah melakukannya.

Sering kali pasangan yang hendak menikah merasakan keraguan tentang pernikahan meskipun 4 hal di atas sudah terjawab dengan sangat baik. Itu hal yang wajar dan justru menandakan Anda memiliki komitmen serius.

Untuk Anda dan pasangan yang sudah memiliki 4 tanda di atas, tapi ingin lebih menguatkan hubungan kalian, Anda bisa menambahkan Spirit pasangan agar hubungan kalian semakin awet dan selalu romantis. Selain itu Anda juga bisa menambahkan Dewa Jepang Mi agar rumah tangga kalian bebas dari pelakor atau orang ketiga yang berencana merusaknya.