Deadline atau batas waktu pekerjaan yang cukup lama sering kali membuat kita merasa sangat santai hingga selalu menunda-nunda untuk mengerjakannya. Saking santainya, justru hal ini bisa membuat Anda lupa hingga pada akhirnya Anda sendiri yang merasa kesulitan dalam manajemen waktu. Jika Anda masih punya waktu untuk mengerjakannya mungkin Anda masih bisa menggarap pekerjaan tersebut meski dengan terburu-buru, namun bisa bahaya jika Anda baru mengingatnya saat satu hari sebelum batas waktu berakhir atau bahkan pekerjaan itu harus selesai saat itu juga. Untuk meminimalisir terjadinya situasi seperti itu, akan lebih baik jika Anda melakukan cara tepat dalam manajemen waktu seperti yang akan dibahas di bawah ini.

 

1. Buat Pengingat Deadline

pengingat deadline

Gunakan kalender duduk yang ada di meja kerja atau smartphone Anda. Tandai tanggal deadline dengan mencantumkan keterangan mengenai tugas apa yang harus Anda selesaikan di tanggal tersebut. Cara ini sangat berguna agar Anda selalu teringat akan tugas yang harus diselesaikan dan bisa melakukan manajemen waktu dengan maksimal. Namun tentunya Anda juga harus membiasakan diri untuk sering melihat kalender atau catatan pengingat tersebut, karena percuma saja jika Anda membuat tanda namun jarang atau bahkan tidak pernah melihat maupun memperhatikannya.

 

2. Buat Rencana Tahapan Kerja

perencanaan

Membuat rencana tahapan kerja akan membantu proses pengerjaan tugas yang sedang Anda kerjakan lebih efektif dan efisien. Misalnya Anda mendapat tugas untuk melakukan presentasi pada klien tentang produk baru perusahaan. Maka Anda bisa mengatur langkah-langkah pasti dalam upaya menyelesaikan pekerjaan Anda dengan proses yang jelas. Jadi nantinya Anda sudah tidak akan merasa bingung akan apa yang harus dikerjakan karena sebelumnya sudah mempersiapkan perencanaan yang matang.

 

3. Menentukan Prioritas

Prioritas berarti tingkat kepentingan. Cara ini mengharuskan Anda untuk bisa memilah tugas berdasarkan kriteria yang dianggap penting dan darurat. Namun biasanya kriteria yang digunakan lebih terpaku pada keadaan darurat di mana tugas yang menjadi prioritas tertinggi adalah tugas yang memiliki deadline dalam waktu paling dekat. Dalam dunia kerja memang tidak bisa menjamin situasi di mana Anda akan bertahan hanya dengan beberapa tugas saja. Bisa jadi saat Anda sedang mengerjakan suatu pekerjaan, atasan Anda kembali memberikan pekerjaan yang lain dan tak tanggung-tanggung, deadline lebih dekat lagi.

 

4. Gunakan Target Waktu Pengerjaan

Bukan hanya sekedar menuliskan atau membuat pengingat akan deadline, Anda juga perlu membuat target waktu pengerjaan di setiap tugas. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah usahakan sebisa mungkin agar target penyelesaiannya jangan sampai terlalu dekat atau bahkan sampai pada deadline. Selain untuk memberi rasa aman, menciptakan beberapa waktu jeda antara target penyelesaian dan deadline akan memberi Anda kesempatan jika tiba-tiba ada kondisi darurat yang mengharuskan Anda mengundur waktu penyelesaian.

 

5. Konsisten Terhadap Waktu

Membuat jadwal dan target tidak akan memiliki arti apa-apa jika Anda tidak disiplin dan konsisten terhadap aturan waktu yang telah Anda buat sendiri. Dalam melakukan pekerjaan, mungkin ada saat di mana Anda merasa jenuh hingga akhirnya kembali mengabaikan aturan karena hanya terpaku dengan tanggal deadline yang masih lama. Jika sudah seperti ini, siap-siap saja jika pekerjaan Anda kembali keteteran seperti sebelum-sebelumnya.

 

Anda memiliki kemampuan untuk memutuskan apakah Anda ingin mencapai apa yang Anda inginkan. Semua manusia sama-sama memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Yang membedakan adalah bagaimana Anda memanfaatkan waktu Anda. Spirit Khodam dan Amulet mampu membantu Anda mencapai tujuan hidup Anda dengan lebih cepat karena mereka dapat mempercepat datangnya peluang dan menghapus takdir buruk Anda sehingga Anda akan tetap maksimal dan bisa menjalankan kehidupan Anda dengan lebih baik.