Bagi sebagian orang bercocok tanam dianggap sebagai kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika kegiatan bercocok tanam tersebut dilakukan di sekitar halaman rumah sembari WFH, tentu akan lebih efektif dan efisien karena tidak perlu memerlukan tempat yang sangat luas dan biaya yang sangat mahal. Jika Anda kebetulan berniat untuk bercocok tanam di rumah tetapi masih bingung harus memulainya darimana, 5 langkah mudah ini akan membantumu sehingga Anda bisa sukses bercocok tanam di rumah.

1. Memilih Jenis Tanaman yang Sesuai

wanita memilih tanaman untuk bercocok tanam

Memilih jenis tanaman adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan karena tidak semua tanaman cocok ditanam di halaman rumah. Sebaiknya Anda memilih tanaman yang bisa menghasilkan seperti buah-buahan, sayuran maupun tanaman obat keluarga (TOGA).

 

2. Memilih Media Tanam yang Sesuai

contoh hidroponik untuk bercocok tanam

Apabila Anda sudah menentukan jenis tanaman yang ingin Anda tanam, langkah berikutnya adalah memilih media tanam yang sesuai dengan jenis tanaman tersebut. Hidroponik adalah salah satu metode bercocok tanam yang sangat digemari sekarang ini karena lebih hemat tempat dan biaya.

 

3. Memelihara Tanaman dengan Baik

perawatan saat bercocok tanam

Poin ke tiga ini adalah poin pemeliharaan. Agar tanaman yang Anda tanam bisa tumbuh subur dan menghasilkan banyak keuntungan, maka Anda harus memeliharanya dengan baik apalagi bila Anda merawatnya seperti anak sendiri. Anda bisa memberikan tanamanmu pupuk agar tumbuh subuh dan meletakannya pada tempat yang cukup sinar matahari agar proses fotosintesis berjalan dengan baik. Dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik, maka tanamanmu kemungkinan besar akan tumbuh dengan baik pula.

 

4. Antisipasi dari Serangan Hama dan Penyakit

menghindari hama saat bercocok tanam

Meskipun tanamanmu ditanam di halaman rumah, bukan berarti tanamanmu bebas hama dan penyakit . Hama dan penyakit dapat menyerang tanamanmu kapan saja dan bisa menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, diperlukan antisipasi terhadap serangan hama ataupun penyakit yang bisa menyerang tanamanmu seperti memberikan cairan anti hama dengan kadar yang sesuai.

 

5. Maksimalkan Potensi Panen dengan Langkah Rahasia

rahasia bercocok tanam

Ketika keempat poin di atas telah Anda lakukan dengan baik, belum tentu hasil panennya sesuai dengan yang Anda harapkan. Untuk itu, alangkah baiknya Anda melakukan langkah rahasia untuk memaksimalkan potensi panenmu dengan Spirit / Khodam atau Amulet. Bagus atau tidaknya hasil panen dari tanaman yang Anda tanam ditentukan oleh cara Anda dalam bercocok tanam. Dengan Spirit / Khodam dan Amulet, maka Anda telah melakukan langkah-langkah yang maksimal dalam bercocok tanam.

Spirit / Khodam dan Amulet dapat menghapus takdir buruk Anda misalnya ada takdir Anda salah pilih benih sehingga tanaman yang Anda tanam tidak subur. Hal ini bisa membuat potensi panen menjadi maksimal dan hasilnya semakin besar. Selain itu, Spirit / Khodam dan Amulet juga dapat menghindarkan takdir tanaman terkena serangan hama dan penyakit yang bisa mengganggu tanamanmu yang akan berdampak pada hasil panennya nanti.

Misalnya Anda menanam 10 pohon tomat. Setiap pohon akan menghasilkan 1 kilo tomat. Maka totalnya adalah 10 kilo tomat yang bisa Anda hasilkan. Itu merupakan kalkulasi normal tanpa bantuan apapun. Bisa saja tanaman Anda terkena hama atau pemilihan benih yang tidak baik juga memengaruhi hasil panen Anda. Misal 10 kg tomat tadi 20%nya rusak karena hama dan benih yang buruk. Maka hasil panen yang Anda bisa jual hanya 8 kilo. Dengan Spirit / Khodam atau Amulet, dari 10 pohon tomat tersebut, pasti akan menghasilkan tomat yang lebih banyak dan bahkan mungkin bisa dipanen lebih cepat dari usaha saingan sejenis sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan lebih besar.

Perhitungan di atas adalah contoh ilustrasi. Besar kecilnya hasil panen yang akan Anda dapatkan tergantung dari seberapa tekun Anda saat bercocok tanam di rumah dan Spirit / Khodam atau Amulet yang Anda gunakan. Punya pertanyaan lebih lanjut? Ingin informasi lebih banyak mengenai Spirit / Khodam dan Amulet? Silahkan klik banner whatsapp untuk menghubungi kami sekarang.