Hanya 28% orang yang menabung 30% dari pendapatannya. Pantas saja banyak yang kalau ditanya soal investasi, jawabannya “gak punya modal.” Gak cukup atuh…

Kenapa bisa boncos gitu ya? Kemungkinan karena ulah latte factor. Apa itu? Sederhananya adalah belanjaan hedon sehari-hari yang dianggap receh, tapi sebenarnya signifikan. Dinamakan latte karena kebiasaan seperti itu umumnya adalah ngopi.

Kenapa bisa dianggap kecil? Ini beberapa alasan utamanya…

  • Anchoring harga: Trik psikologis dengan memberi patokan harga, sehingga anggapan kita soal harga mahal atau murah bisa ‘dimanipulasi’.
  • Branding: Mengemas produk secara emosional sehingga manfaat produk yang diterima itu lebih besar.
  • Lingkungan: Berawal dari ikut-ikutan temen atau trending di medsos.
  • Promo: Melihat promo 60%, hati langsung luluh. Jadinya keluar duit meski lagi gak butuh. Dikira hemat, padahal lebih hemat kalau gak beli – kecuali memang lagi butuh.

Hal-hal seperti di atas yang bikin retak tipis pipa air di rumah, tapi pipanya itu dompet Anda dan airnya itu uang Anda. Kalau sebentaran doang sih gapapa. Kalau kelamaan ya banjir dan jadinya gak punya modal …

Ini nih latte factor terbesarnya warga +62 berdasarkan survey:

  • Kopi dan minuman fancy
  • Makan-makan di luar
  • Biaya admin bank
  • Rokok
  • Langganan hiburan seperti TV kabel, netflix, spotify, dll

Menurut Anda, pengeluaran paling besar Anda di mana? Bisakah dikurangi, dihentikan total, atau dicarikan alternatifnya?

Mari hitung-hitungan sebentar. Anggap dalam sehari Anda mengeluarkan Rp 50.000 untuk kopi dan makan di warung atau resto:

Rp 50.000 x 30 hari = Rp 1.500.000 per bulan

Rp 1.500.000 x 12 bulan = Rp 18.000.000 per tahun

Rp 18.000.000 x 5 tahun = Rp 90.000.000 per naik jabatan (semoga Anda lebih cepat dari ini)

5 tahun itu gak lama loh, dan Anda boros hampir 100 juta! Coba kalau bisa dihemat, bisa ambil Dewa Jepang Gi, Dewa Jepang Mi, 13 Dewa, dan Amulet Archangel.

Yah mungkin menghapus kebiasaan tuh terlalu sulit. Bisa dimulai dari hemat 10 ribu dulu, terus berangsur-angsur meningkat.

Kalau Anda sudah bisa menambah penghematan hingga 50 ribu saja dan dimasukkan ke investasi Amulet dan Spirit, beuhhhh biar testimoni kita aja deh yang berbicara.